gototopgototop
  • Registration
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
Ekonomi Manajemen
1. Definisi Program Studi Manajemen
Program Studi Manajemen adalah suatu kesatuan rencana belajar yang mengkaji, menerapkan, dan mengembangkan ilmu manajemen. Ilmu Manajemen adalah ilmu tentang proses untuk mencapai tujuan suatu organisasi melalui pengintegrasian secara efektif aktivitas manusia. Secara garis besar ilmu manajemen adalah tentang orang dan penyelarasan manusia untuk bersama-sama mencapai tujuan organisasi.
2.

Profil Program Studi Manajemen

Program Studi Manajemen merupakan salah satu Program Studi Unggulan pada Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung. Saat ini, Program Studi Manajemen didukung oleh sejumlah staf pengajar dengan kualifikasi rata-rata sangat baik, yaitu dosen dengan kualifikasi S3 dan S2. Program Studi Manajemen juga aktif melakukan modernisasi metode perkuliahan untuk mengantisipasi perkembangan jaman.
Program Studi Manajemen telah membentuk kelas khusus (ruang teleconference) yang memungkinkan mahasiswa untuk mengikuti kuliah secara live dari narasumber berkelas nasional maupun internasional. Di samping itu, Program Studi Manajemen juga secara berkala meningkatkan standar penggunaan bahasa asing, baik pada  proses perkuliahan maupun evaluasi mahasiswa. Upaya peningkatan kemampuan bahasa ini (terutama bahasa Inggris) diharapkan dapat memacu kepercayaan diri mahasiswa dalam berkompetisi di dunia kerja ataupun di dunia bisnis. Hal lain yang menjadi fokus Program Studi Manajemen adalah memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh mahasiswanya sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara dosen dan mahasiswa, yang berakhir pada munculnya loyalitas mahasiswa terhadap almamater.
3. Visi-Misi Program Studi Manajemen UBL
Visi Program Studi Manajemen 2020 :
“Menjadi program studi Manajemen terbaik di dunia untuk membangun sumber daya manusia berkualitas secara glocal”.
* Glocal : Think global, act local.
Arti dari Visi ini adalah : Program Studi Manajemen menuju program studi terbaik di dunia dalam bidang Manajemen yang berbasiskan kearifan lokal Lampung. Kegiatan-kegiatan dalam program studi manajemen selalu berlandaskan think global dan act local.

Visi Program Studi Manajemen 2020 Diterjemahkan Menjadi Misi Sebagai Berikut :

1. Komponen Visi : Menjadi program studi Manajemen terbaik secara glocal.
Misi :
a. Membangun program studi Manajemen berkualitas.
b. Mengumpulkan berbagai pengetahuan (think-tank) di bidang Manajemen yang berbasiskan kearifan lokal provinsi Lampung.
c. Menyebarkan pengetahuan di bidang Manajemen yang berbasiskan kearifan lokal provinsi Lampung secara lokal, nasional, dan internasional.
2. Komponen Visi : Membangun sumber daya manusia berkualitas secara glocal.
Misi :
a. SDM dengan target mahasiswa : Menyelenggarakan pendidikan Manajemen berbasis industri di Lampung yang didukung oleh teknologi informasi untuk menghasilkan lulusan siap berkarya yang memiliki daya saing tinggi di bidang Manajemen.
b. SDM dengan target mahasiswa, dosen, dan peneliti : Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di bidang Manajemen untuk memunculkan hasil temuan yang dapat mendukung pengembangan masyarakat Lampung.
c. SDM dengan target masyarakat Lampung : Menyelenggarakan program-program pengabdian kepada masyarakat Lampung yang berfokus di bidang Manajemen.
4. Peluang Karier Lulusan Program Studi Manajemen UBL

Lulusan Program Studi Manajemen (S1) FE-UBL dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (S2), dapat bekerja di dunia bisnis swasta, pemerintah, maupun membuka usaha sendiri sesuai dengan bidang dan kompetensinya.

Terdapat 3 (tiga) peluang karier lulusan yang ada di program studi Manajemen UBL, yaitu :

1. Pengusaha.
2. Profesional di bidang lembaga keuangan.
3. Akademisi (dosen dan peneliti).
Untuk mendukung ketiga peluang karier lulusan tersebut, program studi Manajemen UBL membuka 2 (dua) konsentrasi, yaitu :
1. Kewirausahaan dan UMKM.
2. Lembaga Keuangan Syariah.
5. Penelitian di Program Studi Manajemen
Kompas penelitian di program studi Manajemen UBL adalah sebagai berikut :
1. Penelitian yang mampu mendukung penurunan kemiskinan di Provinsi Lampung berdasarkan kearifan lokal Provinsi Lampung.
a. Pengelolaan, pengukuran kinerja, peningkatan kinerja, dan pemanfaatan lembaga keuangan mikro.
b. Potensi penurunan kemiskinan di Provinsi Lampung.
2. Penelitian yang mampu mendukung peningkatan kinerja UMKM (secara mayoritas) atau Usaha Besar (secara minoritas) (pemerintah dan swasta) di provinsi Lampung.
a. Pengelolaan, pengukuran kinerja, dan peningkatan kinerja UMKM di provinsi Lampung.
b. Pemetaan UMKM di provinsi Lampung.
c. Pengelolaan, pengukuran kinerja dan peningkatan kinerja Usaha Besar (pemerintah dan swasta) di provinsi Lampung. Penelitian disesuaikan dengan tempat kerja mahasiswa (bagi mahasiswa yang sudah bekerja).
3. Penelitian mengenai potensi bisnis UMKM di provinsi Lampung.
a. Pemetaan potensi bisnis UMKM di provinsi Lampung.
b. Penelusuran dan pemanfaatan kearifan lokal yang dapat menjadi potensi bisnis UMKM di provinsi Lampung.
4. Penelitian yang mampu mendukung peningkatan kinerja lembaga keuangan syariah.
a. Pengelolaan, pengukuran kinerja, peningkatan kinerja, dan pemanfaatan lembaga keuangan syariah.
b. Penelusuran potensi bisnis syariah di provinsi Lampung.
Untuk mendukung kompas penelitian tersebut, program studi Manajemen membuka 2 (dua) peminatan metode penelitian yang dapat diadopsi oleh mahasiswa, yaitu metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif. Penelitian-penelitian tersebut diwujudkan dalam bentuk skripsi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa menjelang akhir masa studinya. Untuk mengiringi penyelesaian skripsi oleh mahasiswa, maka program studi Manajemen menyediakan buku Panduan Prosedur Penyelesaian Skripsi dan buku Format Penulisan Skripsi. Kedua buku tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini :

1. Panduan Prosedur Penyelesaian Skripsi.

2. Format Penulisan Skripsi.
Ekonomi Manajemen
 

Pilih Bahasa

Indonesian English
Copyright © 2014. Bandar Lampung University. Powered and Designed by Lampung Hosting
web analytics

Google Analityc

Powered by Olark